RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/1
Nama : Yudha
Eka Putri
A.
Standar Kompetensi
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20
C.
Indikator
1.4.1
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan sampai 20
1.4.2
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengurangan sampai 20
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan sampai 20
2. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pengurangan sampai 20
E.
Materi
Ajar
Penjumlahan
dan Pengurangan Sampai 20
a. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
sampai 20
Penjumlahan
artinya bertambah banyak atau menjadi lebih banyak.
Contoh: Adik
mempunyai 5 permen, ibu membelikan lagi
5 permen. Berapa permen adik sekarang?
Penyelesaian:
banyak permen adik 5 dibelikan ibu 5
5 + 5 = 10
Jadi permen adik sekarang ada 10 buah
Permen adik menjadi bertambah
b. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan pengurangan sampai 20
Pengurangan
artinya menjadi lebih sedikit
Contoh: Okta
mempunyai 8 roti, dimakan Putri 2 roti. Sisa berapakah roti Okta?
Penyelesaian:
Roti Okta 8 dimakan Putri 2
8 – 2 = 6
Jadi roti Okta sisa 6
Roti Okta menjadi berkurang
F. Alokasi Waktu
2 x 35 Menit
G. Pendekatan dan Metode
a.
Demonstrasi
b.
Penugasan
c.
Tanya jawab
H. Kegiatan Belajar
Mengajar
a. Kegiatan Awal
1.
Siswa memulai kegiatan
dengan berdoa
2.
Guru menanyakan
kehadiran siswa
3.
Guru memberikan
apersepsi:
-
Anak-anak masih ingat
minggu lalu kita belajar tentang apa?
4.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.
Guru membagikan
masing-masing 5 buah lolipop kepada siswa (Eksplorasi)
2.
Siswa mengamati lolipop
yang telah dibagikan guru (Eksplorasi)
3.
Guru meminta dua orang siswa
maju ke depan, membawa lolipopnya msing-masing yang sudah dibagikan guru, siswa
A memberikan 2 lolipop ke siswa B (Elaborasi)
4.
Siswa B yang menerima
lollipop diminta untuk menghitung lollipop yang ada di tangannya, selanjutnya
siswa A juga menghitung lollipop yang ada di tangannya (elaborasi)
5.
Guru memberikan
pertanyaan kepada siswa apa yang terjadi dengan lollipop siswa A dan siswa B
(elaborasi)
6.
Siswa kembali ke tempat
duduk masing-masing (Elaborasi)
7.
Guru menjelaskan
tentang penjumlahan dan pengurangan (elaborasi)
8.
Siswa mengerjakan soal
di papan tulis (elaborasi)
9.
Guru meminta satu per
satu siswa maju kedepan untuk menempelkan jawaban di papan tulis (elaborasi)
10.
Guru memberikan
penguatan atas jawaban siswa yang belum tepat (konfirmasi)
c. Kegiatan Penutup
1.
Guru bertanya kepada
siswa, apakah ada materi yang belum jelas
2.
Siswa menyimpulkan
materi pelajaran
3.
Siswa diberikan pekerjaan
rumah yang ada dibuku
4.
Guru menutup pelajaran
dengan memberikan salam
I. Sumber dan Media
Pembelajaran
a. Sumber Belajar
Kismiantini,
Dyan Indrawati.2008.Dunia matematika: untuk Kelas I SD/MI.Jakarta:Depdiknas.
Hal: 57-64
b. Media Pembelajaran
1.
Lolipop mainan, gambar bintang,
gambar apel, gambar belimbing, gambar jam
2.
Kertas karton
J. Evaluasi
a. Tes
Kerjakan
soal-soal berikut dengan benar!
1.
Putri mempunyai 5
lolipop, ketika bertemu Ersan , Putri diberi lagi 6 lolipop. Berapa jumlah
lollipop Putri sekarang?
2.
Wira memiliki 10
kelereng, kemudian membeli lagi 5 kelereng. Berapa jumlah kelereng Wira?
3.
Oliv memiliki 15
permen, ketika bermain dengan Dini, Oliv memberikan 4 permen. Berapa permen
Oliv sekarang?
4.
Sigit memiliki 17 bola,
lalu Sigit memberikan 3 bola kepada Galih. Berapa bola Sigit sekarang?
KUNCI
JAWABAN
1.
Diketahui lolipop Putri
= 5 lolipop
Diberi abang = 6 lolipop
Ditanya jumlah
lolipop Putri?
Jawab = 5 lolipop + 6 lolipop = 11 lolipop
Jadi, jumlah
lolipop Putri ada 11
2.
Diketahui kelereng Wira
10 buah
Wira membeli lagi 5 buah
Ditanya
jumlah kelereng Wira?
Jawab
= 10 kelereng + 5 kelereng = 15 kelereng
Jadi,
jumlah kelereng Wira 15 buah
3.
Diketahui permen Oliv
ada 15 buah
Diberikan kepada Dini 4 buah
Ditanya berapa
permen Oliv?
Jawab = 15
permen – 4 permen = 11 permen
Jadi, sisa
permen yang dimiliki Oliv adalah 11 permen
4.
Diketahui bola Sigit 17
buah
Diberikan kepada Galih 3 bola
Ditanya
berapa sisa bola Sigit?
Jawab=
17 bola – 3 bola = 14 bola
Jadi,
sisa bola Sigit adalah 14 bola
PENILAIAN
NO
|
PENILAIAN/SOAL
|
SKOR
|
1
|
Jawaban
benar
|
25
|
2
|
Jawaban
benar
|
25
|
3
|
Jawaban
benar
|
25
|
4
|
Jawaban
benar
|
25
|
Nilai
Akhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar